Senin, 18 Januari 2010

Mencari Ide, Sulitkah?

Pernahkah Anda berada dalam kondisi stagnan atau kondisi diam. Maju tidak, mundur pun tidak. Anda merasa sudah berada di jalur yang benar, akan tetapi Anda tidak melakukan kemajuan apa-apa. Anda pun bingung akan melangkah ke mana atau tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Terus terang, saya sering mengalami hal tersebut. Kejenuhan melanda. Saya ingin menulis tapi tidak tahu apa yang harus saya tulis. Saya hanya bisa bengong. Pada lain waktu, saya medapatkan ide, namun akibat kesibukan a.k.a alasan untuk sebuah kemalasan, saya tidak mengembangkan ide tersebut. Hingga pada akhirnya, ide tersebut terkubur dalam-dalam dan tidak pernah ditemukan kembali. Sungguh hal yang menyesakkan, bukan?

Suatu kali, saya chatting dengan penulis buku anak yang dianugrahi MURI sebagai penulis paling produktif yaitu Ali Muakhir. Beliau adalah salah satu motivator saya dalam menulis. Beliau memberikan tips-tips menarik pada saat saya kehabisan ide. Mau tahu tips-tipsnya? Nih, aku bagi juga deh, biar kita sama-sama cepet dapetin ide.

1. Buatlah potongan-potongan kertas sebanyak sepuluh potongan kecil.
2. Tuliskan kata benda pada lima potongan kertas. Masing-masing potongan kertas, satu kata benda.
3. Tuliskan juga kata kerja pada lima potongan kertas, masing-masing satu kata kerja.
4. Lalu, gulunglah setiap potongan kertas menjadi gulungan kecil. (kayak gulungan arisan)
5. Kemudian, kocok potongan kertas berisi kata benda, misalnya keluar kata ”bintang”.
6. Selanjutnya, kocok potongan kertas berisi kata kerja, misalnya keluar kata ”jatuh”.
7. Nah, saya sudah mendapatkan satu frasa menarik yaitu ”bintang jatuh”. Frasa itu bisa saya kembangkan menjadi sebuah ide cerita untuk anak-anak yang menarik.

Saya mencoba mempraktekkannya, dan berhasil. Saya mendapatkan ide-ide menarik dari cara tersebut. Makasih banyak ilmunya ya Mas Ali. Buat teman-teman yang ingin mendapatkan ide-ide untuk tulisan bisa mencoba cara di atas. Semoga berhasil.

Ps.: Hehehe ..klo punya tips2 lain yang lebih oke, bagi-bagi juga ya...

4 komentar:

  1. Ajarin saya untuk menulis yang baik ya teh.........

    BalasHapus
  2. waaahhh boleh juga tips-nya bu....
    coba saya praktek'in ya...
    terima kasih banyak n salam kenal

    http://ayahkuhebat.wordpress.com

    BalasHapus
  3. boleh tuh tipsnya di pake buat saya yang baru ingin mulai jadi penulis dan ilustrator buku anak. hehe..
    terima kasih tipsnya! :)

    BalasHapus