Senin, 26 Oktober 2009

Ilustrasi Buku Anak


Pernah melihat sebuah buku anak?
jujur, coba katakan apa yang paling menarik ketika melihat sebuah buku anak!
Tampilannya.
Desainnya.
Ilustrasinya.
Ceritanya.
Tata letak naskahnya.
Yeaaah, buku anak memang sangat menarik.
Menurut saya, tidak hanya bagi anak-anak.
Tapi juga bagi pembaca dewasa.
Dalam penyusunan buku anak, yang pertama harus dipikirkan selain naskah yaitu tampilan yang menarik.
Anak-anak sangat menyukai gambar-gambar.
Anak-anak juga suka warna-warna yang menarik.
Anak-anak kesulitan membaca dan memahami teks jika teksnya kecil dan tidak menarik.
Oleh karena itu, pemilihan font pun harus disesuaikan untuk anak-anak.
Berbicara tentang ilustrasi buku anak, saat ini banyak sekali jenis.
Dalam obrolan ringan, saya sering menyebutnya gaya ilustrasi, bisa gaya manga, gaya kartun jepang, gaya kartun disney, gaya kartun eropa, dan masih banyak lagi gaya yang bisa ditiru, atau bahkan bisa membuat gaya sendiri.
Yang jelas, ilustrasi buku anak harus menarik.
Untuk buku balita, objek ilustrasi harus tunggal.
Untuk buku anak yang lebih besar, objek ilustrasi bisa lebih detail.
Yang jelas, ilustrasi-ilustrasi tersebut dapat menyampaikan pesan tersirat yang dalam sebuah teks.
Seorang penulis buku anak, bisa juga ikut berperan dalam pemilihan ilustrasi yang cocok untuk naskah yang ditulisnya. Ada beberapa penulis buku anak yang memiliki ilustrator yang dipilihnya khusus untuk buku-bukunya. Salah satunya yang saya tahu, Mbak Arleen Amidjaya. Beliau biasanya memilih ilustrator untuk buku-bukunya. Melihat ilustrasi buku anak juga bisa memberikan ide-ide lho buat seorang penulis. Ketika melihat ilustrasi yang menarik, bisa juga memicu tumbuhnya ide penulisan sebuah buku. Karena itu, seorang penulis buku anak jangan alergi melihat, mengamati, dan mempelajari ilustrasi buku anak. Syukur-syukur bisa mengilustrasi buku anak seperti para penulis buku anak di luar negeri.Hehehe, kalo saya sih jujur belum bisa mengilustrasi, dan saya pikir sudah ada orang yang ahli melakukannya. Jadi, saya hanya sebatas mengapresiasi saja dan mengagumi karya-karya ilustrator buku anak. Untuk para ilustrtaor buku anak, teruslah berkreasi sehingga bisa menampilkan karya-karya ilustrasi yang luar biasa. Penulis dan ilustrator dapat bersinergi menghasilkan karya yang mengagumkan.

2 komentar:

  1. ya...yang paling menarik dari buku anak memang ilustrasinya...lucu....tapi...saya sering kecewa ketika ilustrasi itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. mis, jemari yang jumlahnya tidak sesuai dengan aslinya, warna ilustrasi. kadang-kadang ada juga misalnya binatang yang seharusnya berwarna hitam, diwarnai warna pink yang sebenarnya tidak ada jenis binatang itu yang berwarna pink. menurut saya, karena buku itu akan dikonsumsi anak-anak yang masih belajar mengenal alam semesta, walaupun hanya berupa kartun, sebisa mungkin ilustrasi itu harus mirip dengan aslinya, jangan terlalu menyimpang. sukses ya, untuk para ilustrator dan penulis buku anak seperti Teh Rani, semangat!!!

    BalasHapus
  2. makasih banyak fit, komennya
    masukan yang berharga buat para pembuat buku anak.

    BalasHapus